07 September 2010

KURMA

Tidak ada buah-buahan yang paling diminati selain buah Kurma, karena sangat dianjurkan sekali ketika menjelang berbuka puasa. Kurma tumbuh di daerah Timur Tengah, tidak dapat di Indonesia. Walaupun ada sulit untuk berbuah. Kita dapat menemukannya di toko seperti super market atau Mall. Harganya sangat beragam, tergantung jenis Kurma, kenikmatan rasa juga beda dunk, tidak cuman harganya. hehe...
Khasiat dan manfaat yang terkandung dalam Kurma sangat banyak, terutama bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa. Nabi saw. sangat menganjurkan umatnya untuk mengawali berbuka puasa dengan tiga  butir Kurma. Kalau tidak ada, air putih dan berbuka dengan yang manis-manis. Anjuran inilah yang menjadikan acuan termasuk penulis mengawali santapan berbuka dengan Kurma. Emang enak sich, sudah pernah makan Kurma toh?hehehe


Manfaat Kurma
Kandungan buah Kurma bermanfaat bagi tubuh sebagaimana ditulis www.krjogja sebagai berikut: 

  1. Satu butir kurma kaya akan energi dalam bentuk hidrat arang (6,1 g), serat, potasium (54,3 mg), dan cukup zat besi.
  2. Satu dua butir kurma sudah cukup mengganti energi yang berkurang saat puasa. Berdasarkan Data Primer Penelitian Puasa dan Kesehatan 1994 (Puasa dan Kesehatan, Dr dr H Wahjoetomo), perubahan kadar gula darah sebelum dan saat berpuasa relatif kecil (tidak bermakna). 
  3. Potasium bermanfaat mengatasi kelelahan otot, juga menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko stroke. Seratnya baik untuk mengatasi sembelit. Tekstur serat pada kurma cukup halus, aman untuk lambung sensitif atau radang usus. 
  4. Kombinasi zat besi dan hidrat arang baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.rotene), nicotinamide, asam pantotenat dan vitamin B6. Lengkap bukan? Para peneliti di University of Scranton menambahkan, kurma juga memiliki konsentrasi polyphenol tertinggi dibanding buah-buahan kering lainnya. Sebagai antioksidan, polyphenol berperan bagi kekebalan tubuh terhadap infeksi dan serangan penyakit.
Beberapa poin di atas menggambarkan betapa manfaatnya buah Kurma bagi tubuh kita. Seyogyanya, kita tidak hanya mengkonsumsi Kurma hanya di bulan Ramadhan saja, tapi di bulan lain. Toh, penyakit bisa datang kapan saja. Nah, Kurma menjanjikan kesembuhan kalau kita mengkonsumsinya, itu pun tidak terlepas atas kehendak Tuhan YME.
Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat…!!!


(Tulisan ini terinspirasi artikel yang dmuat www.krjogja. dan kebiasaan makan Kurama di rumah menjelang berbuka. Yaaa, hitung2 ngisi waktu kosong githu....)

PTK, 07.09.2010 / 08:15 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar